Tips Pencegahan Kanker Payudara

Terlepas dari semua ‘keributan’ tentang kanker payudara yang menjadi salah satu pembunuh terburuk wanita di dunia saat ini, sangat menjengkelkan bahwa sebagian besar wanita masih tidak mengambil langkah aktif untuk melindungi diri mereka dari kondisi yang menakutkan ini.

Meskipun, meningkatnya prevalensi kanker payudara dan mungkin kondisi kanker lainnya telah dikaitkan dengan faktor lingkungan seperti meningkatnya tingkat radiasi dan bahan kimia yang dilepaskan ke udara, air, tanah dan makanan yang kita konsumsi di dunia yang beradab; atau faktor genetik dan keturunan, peran faktor pemaksaan diri lainnya tidak dapat diabaikan.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan setiap wanita secara individu atau kolektif, untuk mencegah kanker payudara. Pilihan gaya hidup yang buruk, seperti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, kurang olahraga atau konsumsi atau obat peniru hormon, semua memainkan peran penting dalam penyebab kanker payudara dan segala upaya pencegahan penyakit ini harus dimulai dari sini.

Sikap positif dan optimis yang sederhana telah terbukti mengurangi risiko kanker. Ini akan terdengar luar biasa bagi banyak orang; Namun, itu akan cukup untuk menjelaskan bahwa beberapa studi medis telah menunjukkan hubungan antara sikap positif dan sistem kekebalan yang lebih baik. Tawa dan humor telah terbukti meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker dan penyakit lainnya.

Anda pasti pernah mendengar slogan ‘orang bahagia tidak jatuh sakit’. Bagian dari mempertahankan sikap positif adalah belajar untuk mengekspresikan perasaan Anda. Pikiran bebas dan terbuka dan energi mengalir dengan bebas ke seluruh tubuh ketika tidak ada rasa sakit yang menumpuk dan kecemasan yang membebani Anda.

Olahraga adalah alat lain yang menurut Anda sangat berguna dalam memerangi kanker payudara. Latihan aerobik, setidaknya 3-4 kali seminggu, kerja nafas yang konstan dan kesadaran tubuh yang dalam (seperti dalam meditasi yoga) semuanya efektif dalam mencegah kanker payudara.

Latihan telah terbukti sangat efektif dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Dengan berolahraga secara teratur, Anda akan melakukan kebaikan besar bagi diri Anda sendiri, karena Anda tidak hanya akan mencegah kanker payudara, Anda juga akan membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan pikiran yang sehat dan tubuh yang sehat.

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling umum pada wanita dan merupakan penyebab utama kematian di kalangan wanita muda antara usia 15 dan 34. Ada 1 dalam 8 kesempatan untuk mengembangkan kanker pada wanita selama masa hidup mereka. Kanker payudara adalah kanker jaringan payudara dan gejala-gejalanya termasuk perubahan bentuk payudara, benjolan atau benjolan di payudara, cairan yang keluar dari puting, merekah atau bersisik kulit. Jumlah kasus kanker payudara di India meningkat, terutama di kelompok yang lebih muda. Kunci untuk kelangsungan hidup adalah deteksi dini dan kesadaran payudara.

Berikut adalah daftar tujuh hal yang harus diketahui setiap wanita muda tentang kanker payudara.

1. Kenali payudara Anda

Hal ini penting untuk mengetahui payudara Anda dan tahu bagaimana payudara Anda harus merasa. Mintalah dokter Anda untuk mengajar bagaimana melakukan pemeriksaan payudara dengan benar. Bicara tentang Pro dan kontra dari melakukan self-ujian. Dalam kasus Anda melihat beberapa perubahan dalam payudara Anda berkonsultasi dengan dokter Anda segera. Biarkan dokter Anda memeriksa dan membimbing Anda.

2. Mengetahui faktor risiko

Adalah penting untuk mengetahui sejarah keluarga. Risiko terkena kanker payudara meningkat jika kerabat dekat Anda menderita kanker payudara.

Faktor risiko lainnya termasuk :

  • Radiasi dosis tinggi ke dada
  • Mutasi genetik
  • Kehamilan pertama adalah setelah usia 30 tahun
  • Permulaan siklus menstruasi
  • Konsumsi alkohol berat
  • Konsumsi daging merah yang tinggi
  • Obesitas
  • Payudara padat
  • Kehidupan sedentary
  • Sejarah pribadi kanker payudara, kolon, ovarium atau endometrium
  • Ras

3. Diet dan olahraga adalah penting

Ini tidak berarti bahwa Anda harus menghabiskan seluruh hari Anda di gym memompa besi. Perempuan bekerja untuk 10 untuk 19 jam seminggu mengalami sekitar 30 persen pengurangan risiko terkena kanker payudara. Aktivitas fisik ringan sebelum atau setelah menopause dapat menurunkan risiko. Anda dapat berjalan-jalan atau bergabung dengan kelas dansa yang akan membuat Anda berkeringat sudah cukup.

4. Waspada untuk perubahan payudara

Anda perlu memeriksa diri payudara Anda untuk setiap perubahan. Hubungi dokter Anda segera jika Anda melihat menggembung, dimpling atau kerutan kulit payudara, perubahan dalam ukuran atau bentuk payudara, puting akan terbalik, perubahan dalam posisi puting., pembengkakan, pelepasan puting, kemerahan, ruam atau benjolan di bawah lengan Anda atau dekat payudara Anda. Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana payudara Anda merasa sebagai payudara dapat biasanya kental. Banyak benjolan yang tidak kanker. Jadi, Watch out untuk setiap perubahan dalam payudara Anda.

5. Bicaralah dan gigih

Dalam kasus dokter atau anggota keluarga menolak perubahan dalam payudara Anda sebagai apa-apa karena Anda masih muda, kemudian menjadi advokat Anda sendiri dan gigih tentang pemeriksaan lebih lanjut. Jika Anda berpikir ada perubahan mendadak dalam payudara Anda berbicara, mendapatkan informasi dan pendapat kedua.

6. Temukan dokter yang tepat

Anda harus menemukan dokter yang memiliki pelatihan dan pengalaman dalam pengobatan kanker payudara. Anda membutuhkan dokter yang berpengetahuan tentang pendekatan baru dan terapi. Dokter Anda harus memiliki keahlian khusus dalam diagnosis, melakukan tes dan membimbing pengobatan.

7. Kenali pilihan Anda

Melakukan banyak penelitian dan belajar tentang tahap kanker dan pilihan pengobatan yang tersedia. Ajukan banyak dan banyak pertanyaan ke dokter Anda. Dokter Anda harus menjelaskan semua istilah medis serta perawatan, hasil yang diharapkan dan kemungkinan efek samping. Dalam kasus ini, Anda berada di bawah kelompok berisiko tinggi, meminta tindakan preventif yang dapat Anda ambil.

Anda juga dapat terhubung ke wanita lain dengan kondisi tersebut. Mintalah dokter Anda untuk referensi. Wanita dengan kanker payudara membentuk jaringan dan mereka membuatnya mudah untuk menangani kanker.

Cara Mengatasi Ketika Anggota Keluarga Didiagnosis Mengalami Kanker

Menerima panggilan telepon bahwa orang tua, saudara kandung, atau bibi tercinta didiagnosis mengidap kanker membangkitkan serangkaian emosi tak terduga. Guncangan awal memukul seperti satu ton batu bata tetapi tidak akan bertahan lama. Ini akan segera dibayangi oleh perasaan lain seperti kemarahan, kesedihan, rasa bersalah, dan kesedihan. Anda juga dapat mengharapkan kecemasan dan ketakutan bahwa, suatu hari, Anda dapat menjadi korban kanker juga; Anda akan ingat setiap kali Anda diminta selama pemeriksaan medis jika kanker berjalan dalam keluarga.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk membantu diri Anda sendiri, anggota keluarga, dan teman-teman mengatasi diagnosis kanker. Bicarakan situasi, kemungkinan perubahan, opsi perawatan, sistem pendukung, dan bantuan yang dapat Anda berikan. Penelitian jenis kanker yang ditemukan, dan potensi perubahan fisik dan emosional yang mungkin terjadi.